Minggu, 04 September 2011

Membuat Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

1

Dalam melamar pekerjaan selain surat lamaran kerja yang bagus, kita juga harus memperhatikan Daftar Riwayat Hidup (CV). Daftar Riwayat Hidup atau biasa kita kenal dengan Curriculum Vitae harus bisa mendiskripsikan tentang diri kita dan kemampuan kita dalam bentuk tulisan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan CV, silahkan cermati ringkasan yang saya buat dalam membuat CV berikut.

Kertas Putih Polos
Gunakan kertas putih polos tanpa garis agar terkesan rapi dan sopan. Sebaiknya jangan menggunakan kertas folio agar terlihat elegan.

Tulis Data Diri dan Status Anda
Tulis secara lengkap mengenai data pribadi anda yaitu nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, status social dan lainnya.

Lampirkan Foto
Pastikan anda melampirkan foto terbaru anda, sebaiknya foto berwarna. Foto sangat penting dalam melamar suatu pekerjaan karena perusahaan akan melihat atau memperkirakan penampilan anda melalui foto. Minimal lampirkan 2 lembar foto berukuran 4 x 6.

Referensi
Tuliskan beberapa nama referensi, biasanya 3 nama referensi. Dengan referensi ini perusahaan tempat anda melamar akan mudah untuk mengkonfirmasi data atau pribadi anda kepada orang yang anda referensikan.

Cantumkan Posisi Yang Dilamar
Cantumkan posisi yang anda lamar sesuai dengan iklan lowongan dari perusahaan yang anda lamar. Jangan sekali-sekali menulis lebih dari 1 posisi atau sembarang posisi pada surat/resume anda. Jika anda menulis lebih dari 1 posisi atau sembarang posisi maka anda akan dianggap tidak serius oleh perusahaan yang kita lamar.

Huruf Standar
Gunakanlah huruf yang sama ketika menulis CV, jangan besar kecilm atau beda jenis hurufnya. Sebagai contoh pastikan semua huruf menggunakan jenis Time New Roman dengan ukurab 12 atau yang lainnya.

Pengalaman Kerja
Tulis secara lengkap pengalaman bekerja anda di CV, berikan uraian singkat mengenai pengalaman kerja anda seperti tugas dan tanggung jawab atau keberhasilan yang pernah anda capai. Selain itu tuliskan juga pengalaman diluar pengalaman kerja seperti misalnya pengalaman berorganisasi atau kegiatan lainnya.

Diatas adalahbeberapa uraian tentang bagaimana menulis atau membuat Daftar Riwayat Hidup (CV). Anda juga bisa mencari contoh CV dengan mencari diinternet atau buku yang banyak tersedia ditoko buku. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Trisnano, 4 September 2011

1 komentar:

halo, ini dia info yang menarik..emang kadang ga ada standar baku ya untuk membuat CV..yang penting enak dilihat dan content CVnya jg lengkap dengan pengalaman kerja..hhe

Posting Komentar