Kamis, 01 September 2011

Cobalah dan Anda Akan Sukses Wawancara Kerja

0



Untuk sukses dalam suatu wawancara kerja, maka kita harus berusaha keras. Namun tidak hanya berusaha yang si-sia, berikut saya tuliskan 20 kiat atau trik dalam wawancara kerja.
1. Jawab Secepatnya
Jika pewawancara bertanya mengenai anda atau tentang kemampuan anda, jawablah dengan cepat dan benar. Pastikan jawaban anda sesuai dengan yang tertulis pada CV anda.
2. Tepat waktu
Datanglah tepat waktu saat wawancara, jangan sampai terlambat karena waktu mencerminkan anda. Datanglah paling lambat 30 menit sebelum wawancara.
3. Ponsel off
Jangan kacaukan suasana wawancara kerja anda dengan dering suara ponsel anda yang tiba-tiba berbunyi. Pastikan ponsel anda matikan sebelum melakukan wawancara kerja.
4. Tahu perusahaan, dan mengapa Anda ingin bekerja di sana
Google perusahaan Anda wawancara untuk. Pelajari sebanyak mungkin tentang misi perusahaan, tujuan, tujuan, dan rencana masa depan. Jika Anda bertanya mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan, Anda jawaban terbaik sesuatu yang lebih baik kemudian, "Saya seperti lokasi perusahaan", yang dikatakan.
5. Bawalah Salinan CV Anda
Pewawancara Anda kemungkinan akan memiliki salinan dari CV Anda, tetapi membawa salinan resume anda akan menunjukkan bahwa anda serius.
6. Bawalah Buku Catatan
Sangat sedikit orang yang membawa buku catatan saat wawancara kerja. Dengan membawa catatan akan menunjukkan bahwa anda benar-benar tertarik dengan wawancara kerja tersebut.
7. Berpakaian rapi dan bersih
Perpakaianlah dengan rapi, bersih dan pastikan anda menggunakan parfum agar suasana saat wawancara kerja akan fresh

 
8. Profil anda harus jelas
Buatlah resume anda dengan jelas, ringkas sehingga pewawancara kerja akan senang saat mewawancarai anda. Profil yang bagus merupakan daya tarik bagi para pewawancara kerja.
9. Jangan membuat lelucon
Bersikaplah serius, sehingga anda terlihat antusia dan sangat tertarik dengan wawancara tersebut. Jangan membuat statement atau lelucon yang tidak perlu
10. Jangan Bertele-tele
Jawablah suatu pertanyaan yang diajukan dengan ringkas dan tepat, jangan berputar-putar yang akan membuat pewawancara bingung 
11. Jangan Katakan Bos
Jangan memanggil atau mengatakan Bos pada saat wawancara karena akan mempunyai kesan yang tidak sopan.
12. Jangan menggoda dengan pewawancara
Berpikir positif saat wawancara akan lebih menguntungkan anda


13. Jangan bermain dengan wajah / rambut
Jangan melakukan gerakan tubuh yang kurang baik, seperti menggerak-gerakkan bada, mengusap-usap rambut. Hal seperti itu seakan menunjukkan bahwa anda grogi saat wawancara.
14. Kurang lebih
Kadang-kadang rincian tertentu dalam hidup Anda yang lebih baik dibiarkan tak terkatakan.
15. Memiliki kontak mata yang baik


Tatap mata pewawancara dengan sopan, lakukan kontak mata secara intens. Pastikan mata anda tidak melihat kemana-mana saat wawancara kerja karena akan terlihat kurang sopan.


16. Memiliki tujuan
Buatlah sedemikian rupa sehingga anda terlihat antusias namun jangan berlebihan. Katakan bahwa anda mempunyai keinginan yang kuat untuk maju.
17. Memiliki prestasi
Berbicaralah tentang keberhasilan anda baik dalam pekerjaan atau dibidang lain. Anda juga boleh berbicara tentang kegagalan anda dan penyelesaiannya.


18. Memiliki semangat
Dapat mengekspresikan mengapa Anda ingin bekerja di lapangan / industri dan apa yang Anda lakukan untuk menambah pengetahuan Anda (buku, blog yang Anda baca). Semakin cerdas Anda maka akan lebih mengesankan
19. Ajukan Pertanyaan
Pada akhir wawancara kerja pastikan Anda memiliki beberapa pertanyaan untuk bertanya. Jika pewawancara tidak menawarkan kesempatan maka ajukan pertanyaan. Sekali lagi, perkuat minat Anda dalam pekerjaan.
20. Kirim catatan terima kasih
Jangan lupa mengucapkan terima kasih sesaat setelah wawancara kerja selesai.

0 komentar:

Posting Komentar