Sabtu, 10 September 2011

Cari Kerja Lain Yuk..!!

0


Mencari peluang baru atau pindah pekerjaan merupakan hal biasa. Tetapi anda tidak bisa sembarangan karena ada yang perlu anda pertimbangkan secara matang sebelum mencari kerja baru. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan antara lain adalah sebagai berikut :

Lewat Koneksi

Koneksi atau hubungan atau jaringan adalah salah satu cara yang bisa kita tempu dalam mencari pekerjaan   baru. Kawan anda waktu kuliah atau teman sekerja dulu mungkin akan bisa memberikan informasi mengenai pekerjaan yang anda incar. Informasi kerja yang datang dari teman, akan lebih akuran dan menjanjikan dibanding dari iklan lowongan kerja dimedia masa. Manfaatkan jaringan pertemanan anda untuk mencari informasi tentang pekerjaan.

Cari Info Perusahaan

Cari informasi mengenai perusahaan yang anda incar, mungkin anda bisa berkenalan dengan karyawan perusahaan tersebut sehingga anda dapat mengorek informasi dengan baik. Selain itu cobalah mencari informasi perusahaan lain yang mungkin lebih baik dari tempat kerja anda sekarang. Dapatkan informasi dengan cermat sehingga anda dapat memilih dan memilah mana yang terbaik. Tentukan kriteria perusahaan yang baik untuk karir anda, buatlah prioritas utama dalam menentukan incaran pekerjaan.

Informasi jabatan

Carilah informasi mengenai jabatan yang ditawarkan dalam suatu lowongan, pastikan jabatan tersebut sesuai dengan kriteria dan kemampuan yang anda miliki. Yang perlu anda pastikan adalah bahwa jabatan yang anda incar lebih baik atau lebih berbobot dari jabatan ditempat kerja anda sekarang.

Manfaatkan Waktu Anda

Jika anda mempunyai banyak waktu diluar jam kerja saat ini, manfaatkanlah untuk kegiatan yang menunjang pada karir anda. Anda bisa mengikuti training atau kursus yang bermanfaat untuk anda dan sering-sering membaca dan mencari informasi yang mendukung.

Simpan Rahasia Dulu

Jangan ceritakan pada teman anda bahwa anda ingin atau mungkin atasan anda bahwa anda ingin mencari pekerjaan baru. Pastikan anda mendapat pekerjaan dulu atau sudah pasti diterima ditempat kerja baru sebelum anda cerita ke orang lain.

Susun Strategi

Anda harus pandai mengatur strategi agar jadwal wawancara anda tidak berbenturan dengan tugas anda sekarang. Dlegasikan peerjaan pada bawahan atau sejawat anda sebelum anda keluar/ijin untuk wawancara. Berikan alasan yang meyakinkan saat anda akan pergi wawancara.

Hilangkan Jejak

Seringkali kita menggunakan peralatan kantor untuk mencari pekerjaan baru, contohnya adalah membuat CV dengan PC kantor atau mencetaknya dengan printer kantor. Pastikan anda tidak meninggalkan atau lupa meninggalkan berkas lamaran anda dimeja kantor dan kunci file anda .

Ketika Wawancara

Sebaiknya anda mengambil cuti untuk wawancara, sehingga akan banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum wawancara. Pelajari trik ,tip atau pertanyaan saat wawancara sehingga anda akan lebih percaya diri saat wawancara kerja.

Berhitung

Jika anda diterima, maka anda harus berhitung, dalam hal ini mengenai gaji dan fasilitas yang akan diterima. Apakah gaji dan tunjangan yang diberikan lebih baik atau justru kurang dari tempat anda bekerja saat ini. Jangan hanya menghitung gaji/basic salary saja, tetapi perhitungkan juga tunjangan lain seperti perumahan, jabatan dan lain-lain.

Pergi Dengan Aman

Setelah dipastikan anda diterima ditempat kerja baru, maka aturlah waktu yang tepat untuk mengundurkan diri. Biasanya ada peraturan tentang cara resign atau mengundurkan diri biasanya satu bulan. Anda masuk keperusahan sekarang secara baik-baik maka saat meninggalkanya lakukan dengan baik-baik pula jangan tinggalkan citra yang buruk.

Mencari Dan Terus Mencari

Mungkin saat ini anda sudah menemukan pekarjaan idaman anda atau anda suda senang ditempat baru anda namun, pencarian harus tetap dilakukan. Jadikan rekan kerja atau kolega anda sebagai tempat informasi siapa tahu ada kesempatan yang lebih baik lagi ditempat yang lain. Mencari yang terbaik tentu yang diinginkan semua orang, termasuk anda, tetaplah mencari siapa tahu anda akan mendapat yang lebih baik lagi (bukan serakah lho tetapi demi masah depan anda dan keluarga anda)

Ditulis oleh Trisnano,  10 September 2011

0 komentar:

Posting Komentar