Kamis, 18 Agustus 2011

Yang Perlu Anda Tahu Dalam Negoisasi Gaji

0


Dalam menentukan berapa gaji yang kita minta dalam negosiasi gaji memang gampang2 susah. Jika anda minta terlalu banyak maka akan ada kemungkinan permintaan anda tidak akan dikabulkan. Demikian pula sebaliknya jiak terlalu sedikit maka kebutuhan anda akan tidak tercukupi. Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa anda jadikan pertimbangan sebelum melakukan negosiasi gaji.
  1. Jawab pertanyaan secara positif. (Contoh: ".Penghasilan saya di usia 30-an rendah" "Sebagai mahasiswa, mencari kerja agar mendapat pengalaman dan biaya kuliah".) 
  2.  Sebutkan gaji yang Anda inginkan, sebutkan berapa permintaan anda jika anda tahu harga pasaran untuk posisi yang anda lamar dan anda punya pengalaman. Anda juga bisa menggunakan istilah-istilah seperti "kompetitif" atau "terbuka" jika Anda menjawab pertanyaan ini pada formulir aplikasi. 
  3.  Gaji yang anda minta sesuai dengan kemampuan yang bisa anda berikan, anda harus bisa meyakinkan bahwa gaji yang anda minta sesuai dengan kemampuan atau skill anda
  4. Tuliskan daftar gaji anda sebelumnya sebagai referensi untuk menentukan gaji yang akan anda minta. Perhitungkan dengan kebutuhan anda, jangan sampai gaji yang anda minta lebih kecil atau sama dengan kebutuhan perbulan anda.
  5. Cari informasi gaji untuk Bidang yang anda lamar : Tanyalah kepada orang lain yang bekerja pada jabatan seperti yang anda lamar dan tanyakan kepada yang berpengalaman berapa gaji yang pantas untuk posisi anda.
  6. Jadilah fleksibel, jangan memaksakan jumlah gaji seperti yang anda minta, sebisa mungkin anda harus berkompromi. caranya adalah tentukan kira-kira berapa gaji yang mungkin bisa diberikan perusahaan dan tentunya masih masuk dalam keinginan anda
  7. Jangan mencantumkan daftar gaji pada surat lamaran anda, yang terpenting adalah bahwa anda akan mampu menjalankan tugas pada posisi yang anda lamar.
  8. jangan berbohong dengan perusahaan tentang riwayat gaji anda, karena perusahaan bisa memverifikasi kebenarannya.
  9. Jangan melihat gaji untuk posisi yang lain, karena tugas tentunya berbeda dan gajipun akan berbeda.
  10. Jangan meminta gaji karena alasan kebutuhan anda banya, seperti tagihan rumah, atau biaya sekolah anak yang mahal. tetapi berikan alasan yang berhubungan dengan tugas anda nantinya
Trisnano, 18 Agustus 2011

0 komentar:

Posting Komentar