Jumat, 19 Agustus 2011

Lewat Jalur Orang Dalam

0

 Ada kiat lain untuk mendapatkan pekerjaan secara cepat yaitu melalui orang dalam. Dimana kita melamar melalui seseorang yang sudah bekerja atau karyawan tempat dimana kita melamar kerja. Untuk cara ini, yang harus anda lakukan adalah :

Cari Banyak Berteman

Dengan banyak relasi atau teman akan memungkinkan kita untuk mendapat peluang pekerjaan melalui orang  atau kenalan kita tersebut. Bertemanlah dengan sekretaris, atau pejabat dari suatu perusahaan kalau perlu kita harus berteman dengan sekuriti, sehingga jika ada lowongan kita akan mendapat informasi dengan cepat.

Jangan Lupa Bertanya

Ketika anda punya banyak relasi atau kawan, maka janganlah malu atau segan untuk bertanya. Bertanyalah tentang lowongan pekerjaan yang mungkin dibuka ditempat kawan kita tersebut bekerja. Kita bisa menitipkan lamaran kerja kita kepada kawan atau relasi kita. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai kita meminta dengan memaksa, merengek atau memasang wajah memelas untuk bisa diterima bekerja. Jangan terlalu sering menanyakan tentang lamaran yang kita titip kepada teman kita tersebut karena jika kita terlalu banyak bertanya bisa bikin jengkel. Cukup jadikan informasi semata dan hanya untuk titip lamaran dan selanjutnya silahkan berlomba untuk lolos seleksi.

Tetap Kirim Lamaran

Selain minta tolong secara lisan kepada orang dalam tersebut, kita harus tetap mengirim surat lamaran secara resmi. Jangan karena kita punya orang dalam, kita bisa tanpa surat lamaran untuk melamar. Yang perlu diingat lagi adalah jangan sekali-kali kita menyogok kawan kita atau orang dalam tersebut, karena pada akhirnya kita yang susah. Kita bisa masuk kerja dengan menyogok tapi tidak punya  skill yang akhirnya kita jadi bingung ditempat kerja karena tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Tetaplah jujur meskipun ada orang dalam, jadikan orang dalam sebagai penghubung saja dan selanjutnya tergantung anda dalam menjalani tes atau pekerjaan nanti. Carilah banyak relasi, karena semakin banyak relasi maka semakin banyak informasi sehingga kemungkinan akan semakin banyak peluang.

Oleh trisnano 19 Agustus 2011

0 komentar:

Posting Komentar