Jumat, 26 Agustus 2011

Indahnya Kerja Dalam Khayalan

0



Setelah 12 tahun belajar dari SD sampai SMA, dilanjutkan kuliah diperguruan tinggi dan akhirnya bisa lulus dan apa rencana selanjutnya ?  
Tentu sebagai orang pada umumnya adalah ingin bekerja atau berusaha untuk berdikari mencari penghidupan sendiri.  Banyak orang membayangkan setelah selesai sekolah atau kuliah ingin segera bekerja mencari uang dan membayangkan akan punyak banyak uang dan bisa membeli apaupun yang kita inginkan. Memang salah satu tujuan akhir dari sekolah adalah bekerja karena dengan bekerja maka kita akan menatap masa depan kita. Tentu setiap orang baik laki-laki atau perempuan ingin punya masa depan, ingin berkeluarga.

Demi mengejar cita-cita dan masa depan, banyak anak muda pergi keluar kampung dan merantau. Selain karena ingin bekerja keluar desa mungkin juga takut atau malu jika dicap pengangguran. Banyak sekali tempat atau tujuan yang dari para anak muda ini seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Batam dan masih banyak kota besar lainnya atau bahkan mungkin menjadi TKI diluar negeri. Pada sekitar tahun 1990-an seperti diberitakan, batam adalah menjadi salah satu primadona bagi para pencari kerja atau pencaker. Banyak kawasan industri dibangun dan banyak pabrik-pabrik dibuka tentu hal ini akan banyak menyerap tenaga kerja. Banyak cerita dari mulut ke mulut bahwa kota batam adalah tempat yang tepat dan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Dan memang betul adanya saat itu, namun jauh berbeda dengan saat ini. 

Jika anda lulus sekolah saat ini saya sarankan untuk tidak datang ke batam karena kondisi sekarang sudah sangat susah mencari pekerjaan. Terus terang saya kaget waktu pertama kali datang kekota ini sekitar tahun 2001 silam. Betapa tidak, begitu banyak orang mungkin ratusan berebut dan berdesakan hanya untuk mencari peruntungan untuk memperebutkan 1 atau 2 posisi pekerjaan. Betapa tidak menyedihkan melihat kawan-kawan kita yang setiap hari mencari dengan berpanas-panas hanya untuk mendapat pekerjaan. Yang lebih parah lagi setiap ada lowongan pasti sudah diisi oleh calon karyawan yang dibawa olah "Orang Dalam". Alangkah lebih baiknya kita mencoba menggali kemampuan atau potensi kita untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Coba berjualan misalnya, kalau dibatam potensinya sangat bagus untuk berjualan karena batam adalah kota yang konsumtif bukan produktif.

Namun untuk kawan-kawan yang sudah terlanjur datang ya apa boleh buat, tetaplah berjuang dan berjuang karena pasti semuanya ada jalan. Saya rasa masih ada peluang kerja dibatam ini, masih banyak toko, supermarket atau mall yang dibuka yang tentunya membutuhkan tenaga kerja. Tentunya yang paling penting adalah usaha dan berdoa selain itu jauhkan rasa putus asa. Dengan keyakinan pasti anda akan berhasil dalam kondisi apapun.

Ditulis oleh Trisnano, 26 Agustus 2011


0 komentar:

Posting Komentar