Rabu, 17 Agustus 2011

Cara Jitu Bekerja Lebih Bahagia dan Sehat

0


BEKERJA sepanjang hari selama seminggu penuh, dari pagi hingga menuju senja (nine to five, red), tak pelak, membuat Anda didera lelah yang berimbas pada penurunan kualitas kerja.
Namun, seperti kata pepatah, ada banyak jalan menuju roma, ada banyak cara untuk mengatasi kebosanan dan kelelahan itu. Ada banyak cara membuat hari kerja Anda lebih sehat, lebih bahagia. Anda tak hanya merasa segar, namun semangat kerja kembali tumbuh dan Anda pun siap kembali mencetak prestasi kerja.
Berikut beberapa tips jitu membuat hari kerja Anda lebih bahagia, seperti dilansir dari situs Oprah.com.
1. Temukan fleksibilitas kerja. Jika Anda sudah bekerja hingga larut pada Senin malam, kenapa tidak mencoba mengambil libur di hari Jumat. Cobalah ini sekali dalam sebulan Anda menikmati bekerja dari rumah. Jika opsi ini memungkinkan, konsultasikan segera ide ini pada atasan Anda.
2. Gunakan kursi yang nyaman saat bekerja, sehingga tubuh tetap prima meskipun didera lelah karena beban pekerjaan menumpuk.
3. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang waktu, mata sering merasa lelah, dan kepala seperti berat. Untuk mengatasinya, luangkan setidaknya 45 menit sekali untuk mengalihkan perhatian sejenak dari layar monitor. Sering pula, Anda duduk berjam-jam hingga punggung terasa sakit. Cobalah berdiri setidaknya satu menit dan lakukan peregangan.
4. Pilihlah satu hari khusus agar Anda bebas dari segala rutinitas pekerjaan. Anda bisa mengajak rekan atau sahabat untuk piknik atau berbelanja bersama.
5. Jangan lupa "tarik nafas". Jika atasan Anda memberi deadline tugas yang membuat Anda sedikit panik. Cobalah tips berikut, tutup mata Anda perlahan, hirup napas dalam-dalam, bayangkanlah Anda berbaring di sebuah lapangan, atau cobalah hanya fokus pada tarikan nafas Anda.
Jika masih merasa tegang, cobalah tanyakan pada diri sendiri, "Hal paling buruk apa yang mungkin terjadi?", "Atasan Anda akan marah?" Jika iya, kemukakan alasan Anda, dan meski hal yang terburuk terjadi sekalipun, yakinlah dunia tak berakhir setelah itu. Anda masih akan dikaruniai hari esok untuk memperbaikinya."
6. Dengan mencuci tangan setiap kali ke toilet, Anda dapat mengurangi virus penyebab penyakit yang mudah menular, seperti batuk dan pilek.
7. Keluar ruangan. Jika Anda merasa lelah dan sedikit tertekan karena beban kerja, keluarlah dari ruangan dan nikmati sinar matahari. Sekedar informasi, pencahayaan yang kurang dalam ruang kerja dapat menyebabkan seasonal affective disorder (SAD).
8. Atur waktu Anda berkirim surat via internet. Luangkan lima atau sepuluh menit dalam sehari untuk menangani semua email masuk dan keluar, jangan sampai konsentrasi Anda terpecah saat bekerja karena pop-up email sering menghampiri Anda.
9. Tinggalkan semua beban kerja saat Anda dalam perjalanan pulang ke rumah. Atasi kepenatan itu dengan mendengarkan dan menikmati musik.
10. Cobalah minta bantuan. Jika Anda dalam keadaan darurat, dimana Anda tidak bisa memecahkan suatu masalah, mintalah bantuan rekan lain, dan berjanjilah lain kali Anda akan "menebusnya".
11. Pertimbangkanlah jika Anda memiliki keahlian dibilang lain selain dari bidang pekerjaan yang Anda geluti sekarang. Bidang lain itu mungkin dapat memberi Anda kepuasan diri, selain pekerjaan Anda saat ini. Jika Anda merasa berada pada puncak beban, konsultasikan dengan atasan mengenai pendelegasian tugas yang dapat mengurangi rasa bosan dan lelah Anda tersebut.
12. Tanyakan pada diri apa yang Anda inginkan saat Anda tumbuh dewasa. Apakah itu sesuatu yang Anda kerjakan saat ini? Jika jawabannya tidak, pertimbangkanlah untuk lebih menikmati pekerjaan Anda, mungkin dengan membantu melakukan hal-hal kecil yang membuat Anda menemukan kembali diri Anda melalui pekerjaan tersebut.
13. Jadwalkan setidaknya 30 menit berhenti sejenak dari segala rutinitas kerja. Buat catatan kecil dan tempelkan pada tempat yang 'eye-catching' bagi Anda. Jika waktu 30 menit masih "tidak mungkin", paling tidak mulailah dari "10 menit" di esok hari dan pastikan Anda meluangkan waktu untuk me-review segala aktivitas Anda hari ini.
14. Jika ruang kerja Anda di lantai atas masih terjangkau anak tangga, cobalah tidak menggunakan elevator. Bergerak lebih banyak dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak, sehingga Anda tidak gampang mengantuk saat bekerja.
15. Cobalah menggerakkan badan saat "break", se-simple apapun itu.
16. Bangkitlah dan jalan-jalan di sekitar wilayah kerja Anda. Bersihkan pikiran Anda. Ajak serta juga rekan untuk menemani.

0 komentar:

Posting Komentar